Haii,

cursor

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 26 Juli 2018

Struktur dan Fungsi Daun


C. Daun

Daun merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting karena merupakan tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Daun biasanya berjumlah lebih dari satu dan tumbuh diranting batang.
struktur tumbuhan daun hijau
pixabay.com
Pada umumnya, daun berwarna hijau karena memiliki zat hijau daun atau klorofil. Jika tumbuhan tidak memiliki zat hijau daun atau klorofil maka fotosintesis tidak akan berlangsung, seperti pada tumbuhan jamur.
struktur tumbuhan jamur coklat
pixabay.com

3.1 Bagian-Bagian Daun

Bagian-bagian daun diantaranya :
Pelepah daun, yaitu bagian daun yang menempel pada dahan pohon atau ranting. Daun yang memiliki pelepah daun disebut daun lengkap. Contoh pada pohon pisang.
struktur tumbuhan pisang pelepah
pixabay.com
Tangkai daun yaitu bagian daun yang terletak diatas pelepah daun dan berfungsi sebagai penyangga daun agar daun berdiri tegak serta menempatkan helaian daun pada posisi yang tepat agar memperolah cahaya matahari.
struktur tumbuhan tangkai daun
pixabay.com
Helaian daun yaitu bagian daun yang sangat tipis dan lebar, memiliki tulang daun yang membentuk daun itu sendiri. Daun berbentuk lembaran-lembaran dan menjadi tempat utama proses fotosintesis berlangsung.
Daun terdiri dari dua macam, yaitu daun lengkap dan daun tidak lengkap. Daun lengkap terdiri atas pelepah, tangkai dan helaian daun. Daun tidak lengkap adalah daun yang hanya tersusun atas 1-2 bagian saja.
Contoh tumbuhan yang memiliki daun lengkap adalah daun pisang, daun kunyit dan daun keladi. Contoh daun tidak lengkap seperti daun mangga, daun jeruk dan daun rambutan karena hanya memiliki tangkai dan helai daun.
struktur tumbuhan kunyit daun
pixabay.com
struktur tumbuhan mangga daun
pixabay.com

3.2 Fungsi Daun

Adapun fungsi daun diantaranya:Untuk fotosintesis. Daun merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis atau tempat pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari. Klorofil pada daun mengubah air dan karbondioksida menjadi oksigen.
  1. Tempat terjadinya proses penguapan air atau evaporasi. Ketika tumbuhan kekurangan atau kelebihan air, maka zat yang terdapat dipermukaan daun dapat melakukan proses penguapan melalui stomata.
  2. Tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida melalui alat pernapasan yang disebut stomata. Stomata mengambil karbondioksida dari udara sebagai bahan fotosintesi dan mengelurkan oksigen sebagai hasil fotosintesis.

3.3 Jenis-Jenis Daun

Berdasarkan bentuknya :
Ada banyak sekali bentuk-bentuk daun tumbuhan. Jika dilihat berdasarkan bentuknya, daun memilliki bentuk daun lonjong, bentuk daun memanjang, daun bentuk bulat telur, dan daun bentuk ginjal.
Daun lonjong yaitu daun yang memiliki ukuran panjang dan lebar 2:1. Hampir semua tumbuhan memiliki bentuk daun lonjong. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bentuk lonjong adalah mangga, jambu dan belimbing.
struktur tumbuhan jambu
pixabay.com
Daun memanjang memiliki perbandingan ukuran panjang dan lebarnya 3:1. Contoh pada daun pandan dan daun jagung. Daun bentuk memanjang juga dimiliki oleh tumbuhan yang tergolong dengan rumput-rumputan.
struktur tumbuhan rumput-rumputan
pixabay.com
Daun bentuk bulat telur memiliki bentuk bulat seperti telur. Daun bentuk bulat telur dimiliki oleh daun kembang sepatu dan daun lombok rawit.
struktur tumbuhan bulat telur
tiptopsehat.blogspot.co.id
Daun bentuk ginjal merupakan bentuk daun yang lebar dan pendek hampir mirip dengan bentuk ginjal. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bentuk ginjal pada daun kaki kuda dan daun pegagan.
struktur tumbuhan bentuk ginjal
jejamon.blogspot.co.id
Bentuk daun berdasarkan susunan tulang:
Berdasarkan susunan tulangnya, daun di bedakan menjadi empat macam, yaitu daun bertulang menyirip, daun bertulang menjari, daun bertulang melengkung, dan daun bertulang sejajar.
Daun bertulang menyirip adalah daun yang memiliki bentuk tulang daun seperti sirip ikan, sehingga disebut daun bertulang menyirip. Contohnya pada daun pohon jambu, dan daun pohon mangga.
struktur tumbuhan menyirip hijau
pixabay.com
Daun bertulang menjari adalah daun denngan bentuk tulang daun seperti jari-jari. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bertulang menjari adalah daun ubi, daun pepaya, daun kapas dan daun jarak.
struktur tumbuhan daun menjari
pixabay.com
Daun bertulang melengkung  adalah daun dengan bentuk tulang daun yang melengkung. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bertulang melengkung adalah daun genjer, daun sirih dan daun gadung.
struktur tumbuhan daun melengkung
pixabay.com
Daun bertulang sejajar adalah daun dengan bentuk tulang daun yang lurus dan arahnya sejajar. Contoh tumbuhan yang memiliki daun bertulang sejajar adalah tanaman yang tergolong rumput-rumputan.
struktur tumbuhan rerumputan
pixabay.com
Bentuk daun berdasarkan banyaknya daun:
Berdasarkan banyaknya daun, tumbuhan terbagi atas dua, yaitu daun tunggal dan daun majemuk.
Daun tunggal adalah daun yang dalam satu tangkai terdiri atas satu helaian daun dan tidak memiliki cabang tangkai. Contoh tumbuhan yang memiliki daun tunggal adalah daun jambu, daun soka, dan daun mangga.
struktur tumbuhan daun tunggal
pixabay.com
Daun majemuk adalah daun yang dalam satu tangkai terdiri atas beberapa cabang tangkai dan dalam cabang tangkai ada anak daun. Contoh tumbuhan yang memiliki daun majemuk adalah daun belimbing, daun pacar, daun kelor dan kembang merak.
struktur tumbuhan belimbing majemuk
pixabay.com

struktur tumbuhan majemuk


https://ammahsukma.com/struktur-tumbuhan/

0 komentar:

Posting Komentar