Haii,

cursor

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 26 Juli 2018

Struktur dan Fungsi Batang


B. Batang

struktur tumbuhan batang pohon
pixabay.com
Batang merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh diatas tanah dan  tempat keluarnya daun, bunga serta buah. Ciri utama batang yaitu beruas-ruas dan umumnya berwarna kecoklatan, tetapi ada juga yang berwarna hijau.
struktur tumbuhan hijau pohon
pixabay.com
Batang berbentuk panjang bulat seperti tabung dan tubuhnya memiliki ruas-ruas serta memiliki cabang. Batang tumbuhan ada yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil. Pertumbuhan batang kearah atas dan selalu bertambah panjang di ujungnya.

2.1 Bagian-Bagian Batang

Batang memiliki ruas dan buku. Pada setiap buku melekat sehelai daun atau lebih. Batang tumbuhan berkayu tersusun dari jaringan primer yaitu kulit luar, kulit pertama, kulit dalam dan silinder pusat.
Kulit luar memiliki dinding luar sel-sel yang menebal dan bermodifikasi menjadi rambut-rambut halus, duri, dan lentisel. Kulit luar ini melindungi jaringan-jaringan yang lebih lembut yang terdapat disebelah dalamnya.

2.2 Fungsi Batang

Batang berfungsi menegakkan tumbuhan, mengangkut air dan zat mineral untuk disebarkan kebagian tumbuhan yang memerlukan. Batang juga berfungsi tempat penimbunan cadangan makanan, contohnya pada tumbuhan kentang.
Pada proses fotosintesis, batang berfungsi memperluas tajuk tumbuhan agar penangkapan cahaya matahari dapat berjalan secara efisien sehingga kebutuhan tumbuhan akan cahaya matahari dalam fotosistesis dapat tercukupi.

2.3 Jenis-Jenis Batang

a. Batang berkayu, yaitu batang yang mengandung kayu, kuat dan keras. Batang berkayu bisa hidup selama bertahun-tahun. Misalnya batang pohon jambu, pohon akasia, mangga dan lain-lain.
struktur tumbuhan berkayu batang
pixabay.com
b. Batang basah, yaitu batang yang tidak berkayu, lunak dan berair. Batang basah umumnya mudah patah dan tumbuhnya tidak sebsar batang berkayu. Batang basah biasanya berwarna hijau. Contoh batang basah pada tumbuhan bayam.
struktur tumbuhan bayam hijau
pixabay.com
c. Batang rumput, yaitu batang yang mempunyai ruas-ruas yang nyata, memiliki rongga dan tidak keras. Contoh pada rumput, batang padi, batang gandum, batang jagung dan pada daun bawang.
struktur tumbuhan gandum rumput


https://ammahsukma.com/struktur-tumbuhan/

0 komentar:

Posting Komentar