Haii,

cursor

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 26 Juli 2018

Struktur dan Fungsi Bunga


D. Bunga

struktur bunga indah
pixabay.com
Bunga sangat penting untuk perkembangbiakan tumbuhan karena pada bunga terdapat alat reproduksi, yaitu putik dan benang sari. Sebenarnya bunga merupakan pucuk yang mengalami perkembangan. Bunga berwarna-warni sehingga sangat menarik perhatian kita.
struktur tumbuhan merah jambu
pixabay.com

4.1 Bagian-Bagian Bunga

Bunga juga merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki struktur dan fungsi tersendiri. Bentuk bunga yang kita temui memang beraneka ragam, tetapi setiap jenis bunga memiliki tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik.
Tangkai bunga, yaitu bagian bunga yang menghubungkan ranting dengan bunga serta membuat bunga bisa berdiri tegak. Bentuknya hampir sama dengan batang, tetapi ukurannya lebih kecil.
struktur tumbuhan bunga tulip
pixabay.com
Kelopak bunga, merupakan bagian hiasan bunga yang berada paling luar. Kelopak bunga berwarna hijau seperti daun. Sewaktu bunga kuncup, bunga diselubungi oleh kelopak yang berfungsi untuk melindungi bunga.
struktur tumbuhan kelopak bunga
pixabay.com
Mahkota bunga, merupakan bagian bunga yang memiliki warna-warni yang menarik. Mahkota bunga terletak disebelah dalam kelopak dan berfungsi melindungi alat kelamin yang dimilki oleh bunga, serta menarik serangga lain untuk datang membantu proses penyerbukan.
struktur tumbuhan riasan bunga
pixabay.com
struktur tumbuhan mahkota bunga
pixabay.com
Putik, merupakan alat kelamin betina pada tumbuhan. Pada dasar putik terdapat bakal buah dan bakal biji yang akan berkembang menjadi buah dan biji. Jumlah putik hanya satu.
struktur tumbuhan putik bunga
pixabay.com
Benang sari,merupakan alat kelamin jantan pada tumbuhan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Didalam benang sari terdapat serbuk sari yang bertugas menempel pada putik. Benang sari biasanya terletak ditengah-tengah mahkota bunga.
struktur tumbuhan benangsari bunga
pixabay.com

4.2 Fungsi Bunga

Bunga berperan sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan pada tumbuhan. Peristiwa penyerbukan, yaitu jatuhnya serbuk sari keatas kepala putik merupakan awal terjadinya perkembangbiakan pada tumbuhan.
struktur tumbuhan penyerbukan bunga
pixabay.com

4.3 Jenis-Jenis Bunga

Berdasarakan jenisnya, bunga dikelompokkan menjadi dua yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Berdasarkan benang sari dan putik, bunga dikelompokkan menjadi dua juga, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.
Bunga lengkap adalah bunga yang memilki kelopak bunga, mahkota bunga, putik dan benang sari. Sebaliknya bunga yang tidak memiliki salah satu bagian bunga tersebut dinamakan bunga tidak lengkap.
Contoh bunga lengkap adalah bunga sepatu, bunga mawar, bunga melati, bunga tembakau dan bunga terung. Bunga pada tumbuhan tersebut mempunyai kelopak, mahkota, putik dan benang sari. Sedangkan contoh bunga tidak lengkap yaitu bunga mentimun dan bunga salak.
struktur tumbuhan bunga lengkap
pixabay
struktur tumbuhan bunga terong
pixabay.com
struktur tumbuhan mentimun
pixabay.com
Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat kelamin pada bunga yaitu benang sari dan putik. Perhiasan bunga seperti kelopak bunga dan mahkota bunga tidak harus selalu ada pada jenis bunga ini.
Sedangkan bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin bunga. Yaitu, bunga yang hanya memiliki putik dan tidak memiliki benang sari atau bunga yang hanya memiliki benang sari saja.
Bunga tidak sempurna juga sering disebut monoesis dan diesis. Monoesis yaitu bunga yang memiliki alat kelamin betina dan bunga yang memiliki alat kelamin jantan berada pada satu tumbuhan, seperti pada tumbuhan mentimun dan jagung.
struktur tumbuhan bunga jagung
pixabay.com
Diesis adalah bunga yang memiliki alat kelamin betina dan bunga yang memiliki alat kelamin jantan berada pada tumbuhan yang berlainan atau sering disebut tumbuhan berumah dua. Contoh tumbuhan ini adalah pada tumbuhan salak.


https://ammahsukma.com/struktur-tumbuhan/

0 komentar:

Posting Komentar